Jumat, 26 Juni 2020

UAS Kapita Selekta SI/TI

Nama : Ahmad Zainal Muttaqin
Kelas/Semester : B/6
Nim : 4117008
Prodi : Kapita Selekta SI/TI
Fakultas : SAINTEK


SOAL
1.      Ceritakan dan narasikan Aktiifitas dan pengalaman saudara dalam masa (WFH) Work From Home dan Learnig From Home (LFH) di masa Pandemic covid-19.
2.      Ceritakan dan narasikan produktifitas dan peningkatan skill, kapasitas dan pengetahuan apa yang saudara peroleh selama WFH Dan LFH di masa Pandemic covid-19.
3.      Buatlah artikel ilmiah atau opini saudara bagaimana Teknologi informasi bermanfaat dalam menghadapi pandemik covid-19 dan New Normal.
4.      Kirimkan tugas membuat jurnal yang sudah saudara buat pada tugas diperkuliahan (dikirim bersama notepad dari blogyg berisi url)

JAWABAN

1.      Mungkin terlihat kelas daring jauh lebih baik tanpa pergi ke kampus untuk tatap muka langsung tetapi kendala yang terjadi seperti terjadinya kendala sinyal dan memakan banyak kouta internet belum lagi gangguan dirumah yang kurang kondusif. Keadaan itu justru menurunkan mutu pembelajaran dosen bagi mahasiswa dan Tugas yang menumpuk, pembelajaran daring tidak bisa memastikan Mahasiswa yang hadir di dalam kelas seperti kelas tatap muka. beberapa Dosen memberikan tugas setiap pertemuan. setelah berjalannya waktu proses perkuliahan secara daring tersebut, banyak mahasiswa justru mengalami kesulitan dalam belajar. Belajar di rumah kurang bisa dinikmati karena kita  tidak bisa memahami memahami materi secara langsung. Ada beberapa materi bisa  dipahami dengan jelas namun tidak semudah ketika diterangkan langsung oleh Dosen saat berada di kelas.

2.      Selama covid untuk mengisi waktu luang saya terkadang mengisi dengan belajar editing untuk mengasah kemampuan skill dan saya lebih banyak menggunakan system informasi untuk melihat perkembangan/update sistem informasi, terkadang juga mengikuti web binar/ seminar online. Biasanya kuliah tatap muka digantikan dengan daring atau perkuliah online disebabkan adanya covid-19 dan jika ada tugas perkuliahan kita tidak menunggu penjelasan dari dosen karena kita tidak melakukan tatap muka, kita diharuskan untuk mencari dari permasalahan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi.

3.      Adanya covid banyak orang menggukan teknologi untuk berkomunikasi tanpa tatap muka yang biasa disebut daring seperti teknologi zoom,google meet, google class room dll. Teknologi informasi sangat bermanfaat  sekali dikarenakan kita melakukan kuliah secara online untuk mencari tugas yang diberikan dosen,  mengupdate perkembangan terkini, berkomunikasi dengan teman atau dosen.
Untuk menjalankan kehidupan new normal tersebut, salah satunya selalu menerapkan pola hidup sehat.
1.      Selalu Gunakan Masker Saat Bepergian
            Pola hidup sehat yang harus kita terapkan di era new normal ini adalah dengan selalu menggunakan masker saat bepergian. Dengan mengenakan masker, diharapkan dapat memperlambat serta mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.
2.      Jaga jarak
            Penerapan physical distancing itu dengan menjaga jarak antar orang minimal 1-2 meter, menghindari perkumpulan dan pertemuan dengan jumlah orang banyak.Penerapan physical distancing ini sangat penting untuk menekan penyebaran Corona COVID-19.

3.      Tidak Lupa Berolahraga
Pola hidup sehat yang juga tidak boleh kamu lewatkan selama era new normal ini adalah berolahraga. Walaupun sudah tidak sebebas sebelumnya, dimana kita dapat berolahraga di luar ruangan sesuka hati, kini Anda dapat melakukannya di dalam ruangan saja tanpa mengurangi manfaatnya.

4.      Rajin Membersihkan Tangan
            Saat beraktivitas di luar rumah pada era new normal ini, risiko terpapar kuman ataupun virus penyakit tentu lebih besar. Oleh karena itu, pola hidup sehat yang   patut diperhatikan adalah dengan sesering mungkin untuk membersihkan tangan. Maka dari itu,disarankan untuk selalu membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol lebih dari 60% yang berguna membunuh berbagai kuman dan virus penyakit di         tangan Anda tanpa perlu repot.
            Hand Sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang bermanfaat membunuh kuman secara cepat dan efektif tanpa harus dibilas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Kapita Selekta SI/TI

Nama : Ahmad Zainal Muttaqin Kelas/Semester : B/6 Nim : 4117008 Prodi : Kapita Selekta SI/TI Fakultas : SAINTEK SOAL 1.       Cer...