Minggu, 19 Juni 2016

Kapan waktu mustajab untuk berdoa saat berpuasa

waktu mustajab berdoa saat puasa




Sy. Dr. Abdul Bari bin Hammad al-Anshari:
"Intinya tidak ada satupun hadits atau atsar yg valid (shahih) yg mengkhususkan waktu berbuka utk mustajabnya doa orang yg berpuasa.

Yang valid, bahwa semua waktu puasa adalah waktu mustajab utk berdoa, dan ini adalah keluasan karunia Allah utk orang yg berpuasa.

Adapun waktu berbuka; maka itu waktu yg terbatas, dan saat itu hati orang yg berpuasa sibuk memikirkan dekatnya waktu berbuka dan kegembiraan dia karenanya. Belum lagi (ketika itu), disunnahkan utk menyegerakan buka puasa dan tidak menyibukkan diri dg sesuatu yg mengakhirkan buka puasanya (walaupun hal itu adalah doa).



Maka harusnya orang yg berpuasa mencari-cari waktu berdoa itu di sepanjang harinya, yakni ketika pikirannya bisa konsen, dan hatinya kosong dari beban dan kesibukan.

Dan hendaknya dia memperbanyak doa dg menampakkan kefakiran dan sangat butuhnya dia kepada Allah azza wajall, maka doa itu akan lebih mustajab, karena padanya ada banyak sebab yg menjadikan doanya diijabahi. Wallohu a'lam".

Ustadz Ad Dariny

@kajianislam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Kapita Selekta SI/TI

Nama : Ahmad Zainal Muttaqin Kelas/Semester : B/6 Nim : 4117008 Prodi : Kapita Selekta SI/TI Fakultas : SAINTEK SOAL 1.       Cer...