Selasa, 13 Februari 2018

Manfaat Tidur Miring Sebelah Kanan Anjuran Rasulullah

Rahasia tidur posisi miring ke kanan sangat dianjurkan dalam Islam dan sesuai Sunnah Rasulullah karena mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan manusia baik menurut hadits maupun sains, para ilmuwan kedokteran modern telah meneliti dan menemukan bahwa tidur miring ke kanan sangat baik bagi kinerja organ tubuh manusia.

rahasia tidur miring ke kanan
(Manfaat tidur miring sebelah kanan anjuran Rasulullah. Image: Kaboompics)




Istirahat yang cukup dalam sehari sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan dan memulihkan tenaga setelah seharian melakukan banyak aktifitas, baik aktifitas fisik maupun mental. Namun ternyata pola tidur yang memiliki dampak positif bagi tubuh manusia bukan hanya lamanya tidur dan kualitas istirahat itu sendiri, posisi tidur juga memiliki andil besar dalam mempengaruhi kinerja organ tubuh. Kita sering mendengar bahwa Rasulullah sangat menganjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kanan, namun kita tidak banyak yang tahu kenapa kita dianjurkan seperti itu. Banyak sudah para ahli kesehatan menemukan fakta bahwa tidur miring ke kanan ini mempengaruhi hampir seluruh organ tubuh manusia dan sangat baik manfaatnya bagi tubuh. Apa sajakah itu?


Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kanan:

Waktu Istirahat Otak Kiri

Otak manusia terbagi dalam dua bagian, otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Otak kanan sebagai pusat syaraf yang mengatur kinerja bagian tubuh manusia sebelah kiri begitu pula dengan otak kiri sebagai pusat syaraf yang mengatur kinerja anggota tubuh manusia sebelah kanan. Sebagai muslim kita dianjurkan untuk melakukan banyak aktifitas menggunakan anggota tubuh bagian kanan, makan dan minum menggunakan tangan sebelah kanan, masuk kamar mandi atau memakai sepatu dianjurkan kaki kanan terlebih dahulu, dan itu semua sunnah (berpahala), selain itu memang secara umum manusia melakukan aktifitas menggunakan anggota tubuh bagian kanan lebih dominan.

Dengan posisi tidur miring ke kanan akan mengistirahatkan otak kiri sehingga terhindar dari bahaya yang timbul akibat melemahnya sirkulasi sewaktu istirahat/tidur/diam. Bahaya tersebut anatara lain: penyempitan pembuluh darah, pengendapan bekuan darah, lemak dan asam sisa oksidasi. Maka apabila seseorang terkena stroke yang beresiko adalah otak kanan dengan akibat kelumpuhan anggota tubuh sebelah kiri (bagian yang tidak dominan)

Waktu Istirahat bagi Kaki Kiri

Saat beraktifitas sehari-hari kebanyakan orang menggunakan kaki kanan, dan kaki kiri bertugas sebagai penyeimbang dan tumpuan beban sehingga saat lelah kaki kiri akan merasakan pegal-pegal. Karena kaki merupakan anggota badan paling bawah maka akan memerlukan waktu lebih lama untuk memulihkan peredaran darah. Dengan posisi tidur menghadap ke kanan maka vena kaki sebelah kiri akan lebih mudah dikosongkan sehingga rasa kelelahan/pegal-pegal segera pulih kembali.




Mengurangi Beban Jantung

Peredaran darah dan distribusinya akan lebih merata dan terkonsentrasi ke bagian kanan (bawah), sehingga beban aliran peredaran darah dari dan ke jantung menjadi lebih rendah. Dengan posisi tidur menghadap kekanan ini berpengaruh pada denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah turun sehingga kualitas tidur akan lebih bagus (nyenyak). Dikarenakan posisi Jantung berada di sebelah kiri, tekanan terhadap organ jantung saat menghadap ke kanan ini juga berkurang. Namun jika posisi tidur menghadap ke kiri berakibat curah jantung berlebihan, karena posisi paru-paru kanan berada diatas menyebabkan darah yang masuk ke atrium menjadi lebih banyak, sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

Menjaga Kesehatan Paru-paru

Dengan posisi tidur menghadap ke kanan sangat penting bagi kesehatan paru-paru, seperti kita tahu paru-paru kita sebelah kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan, tidur miring ke kanan membuat jantung condong ke sebelah kanan dan ini tidak jadi masalah karena paru-paru kanan kita lebih besar. Namun apabila posisi tidur kita menghadap ke kiri jantung akan menekan paru-paru sebelah kiri yang berukuran kecil dan ini sangat tidak bagus bagi kesehatan paru-paru.

Mengistirahatkan Lambung

Lambung kita jika digambarkan adalah berbentuk tabung koma yang ujungnya menuju usus menghadapa ke arah kanan bawah. Dengan tidur menghadap kekiri proses pengeluaran sari makanan yang dicerna lambung dan bercampur asam lambung menjadi sedikit terganggu, menghambat proses pengosongan lambung. Akibatnya akan meningkatkan akumulasi asam yang bisa menyebabkan erosi pada dinding lambung, cairan usus yang mempunyai sifat basa akan berbalik masuk menuju menuju lambung.

Meningkatkan Penyerapan Gizi

Pada saat kita tidur, pergerakan usus akan meningkat. Posisi tidur miring ke sebelah kanan membuat perjalanan makanan pada saat proses pencernaan akan lebih lama karena posisi usus halus sampai usus besar berada dibawah. Nutrisi makanan akan terserap secara maksimal pada saat kita tidur.


Sistem Pernafasan Menjadi Lancar

Sewaktu kita tidur tanpa kita sadari lidah akan jatuh ke belakang mendekati tenggorokan yang mengakibatkan proses pernafasan agak sedikit terhambat. Oleh sebab ini orang yang terbiasa tidur dengan posisi telentang akan mengakibatkan tidurnya mendengkur, dan ini bisa berbahaya karena mendengkur akan mengalami kekurangan oksigen sehingga bisa mengakibatkan pernafasan terhenti secara tiba-tiba beberapa saat dan membuat orang tersebut terbangun dan mengalami pusing-pusing. Hal seperti ini bisa dicegah dengan posisi tidur miring menghadap ke kanan.

Melancarkan Buang Air Besar

Tidur dengan posisi menghadap ke samping kanan akan membuat usus besar sigmoid yang letaknya tepat sebelum anus mengalami proses pengisian lebih cepat dan setelah penuh akan merangsang gerak usus besar yang diikuti dengan relaksasi otot anus sehingga memudahkan kita buang air besar.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Dari beberapa manfaat diatas kita benar-benar mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, dengan tidur posisi miring ke kanan ini juga mengistirahatkan organ-organ vital lainnya. Sehingga akan membuat tubuh menjadi segar dan bugar pada saat kita bangun dari tidur, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.




Sangat mudah bukan? Marilah mulai saat ini yang sebelumnya tidur dengan posisi sejadinya kita rubah untuk selalu tidur dengan posisi tubuh menghadap ke kanan, selain sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tidur miring ke kanan juga sunnah, mendapat pahala bagi siapa saja yang melakukannya.

Hadits dari Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Al-Bukhari)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Kapita Selekta SI/TI

Nama : Ahmad Zainal Muttaqin Kelas/Semester : B/6 Nim : 4117008 Prodi : Kapita Selekta SI/TI Fakultas : SAINTEK SOAL 1.       Cer...