Senin, 05 Februari 2018

Memahami Tentang Rezeki Manusia

mencari rezeki, apa itu rezeki, tentang rezeki, mengejar rezeki


Mendengar kata rezeki kita mungkin akan langsung terfikir dengan sesuatu hal yang berhubungan dengan harta kekayaan, uang, kendaraan, makanan, kesenangan dan semua hal yang berhubungan dengan duniawi. Manusia bekerja membanting tulang dari pagi sampai larut malam, jalanan selalu padat hilir mudik manusia berangkat ke tempat kerja masing-masing dipagi hari demikian pula sore harinya saat kembali ke rumah masing-masing.

Manusia sibuk mecari nafkah, menjemput rezeki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi keluarganya. Banyak orang menjadi sukses dan berlimpah harta namun tidak sedikit sudah merasa bekerja keras siang dan malam tapi hidupnya bisa dikatakan masih miskin, masih merasa kurang dan lain sebagainya. Rezeki adalah harta kekayaan, kemapanan itu benar, namun kita sebagai umat Islam harus tahu dan memahami bahwa yang namanya rezeki itu tidak hanya soal uang, harta dan kekayaan.
seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mukmin sejati. Jika ia mendapat kesenangan ia bersyukur dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar dan itu baik baginya. (Hadits Riwayat Muslim 7692)

Manusia bekerja keras tanpa kenal lelah dan waktu belum tentu mendapatkan rezeki banyak berlimpah, namun yang bekerja sedikit juga belum tentu mendapatkan rezeki sedikit. Sesungguhnya rezeki itu mengejar dan bukan dikejar, rezeki yang bakal mendatangi manusia bahkan mengejar kepada manusia yang pantas didatangi. Tugas kita sebagai mukmin adalah memantaskan untuk didatangi rezeki itu tadi. Setiap manusia sudah ditetapkan rezekinya masing-masing, inilah yang disebut ikhtiar.

Baca juga : 4 Golongan Manusia yang Dirindukan Syurga

Ikhtiar adalah kuasa manusia sedangkan rezeki adalah kuasa Allah, manusia tidak akan dimatikan hingga ketetapan rezekinya telah diterima, seluruhnya. Sungguh Allah maha Pengasih dan Penyayang. Hakikat rezeki bukanhanya harta namun seluruh Rahmat Allah Ta'ala, dan yang paling indah adalah kita selalu dalamhidayah Islam

Hai orang-orang yang beriman,makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah. QS Al Baqarah 172

Berikut ini macam-macam rezeki dari Allah Subhanallahu Wa Ta'ala:


  1. Rezeki yang telah dijamin
    "Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak diatas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya".
    QS Al Hud 6
  2. Rezeki karena usaha
    "Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya".
    QS An Najm 39
  3. Rezeki karena bersyukur
    "Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu".
    QS Ibrahim 7
  4. Rezeki tak terduga
    "Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya".
    QS Ath Tholaq 2-3
  5. Rezeki karena Istighfar
    "Maka aku berkata kepada mereka, beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Pasti Dia akan mengirimkan hujan yang lebat kepadamu. Dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu".
    QS. Nuh 10,11,12
  6. Rezeki karena menikah
    "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih mebujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-Nya dan Allah Maha luas pemberian-Nya dan Maha Mengetahui".
    QS An Nur 32
  7. Rezeki karena anak
    "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang menanggung rezeki mereka dan juga rezeki bagimu, membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang sangat besar".
    QS Al Israa 31

  8. Rezeki karena sedekah
    "Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan"
    QS Al Baqarah 245
Semoga kita senantiasa menjadi manusia yang selalu bersyukur atas segala nikmat rezeki yang telah Allah berikan kepada kita semua dengan selalu mengingat nama Allah, memuji-Nya dan mempergunakan segala bentuk rezeki yang telah Allah berikan untuk selalu beribadah dan ingat kepada Allah.


sumber gambar: jcomp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Kapita Selekta SI/TI

Nama : Ahmad Zainal Muttaqin Kelas/Semester : B/6 Nim : 4117008 Prodi : Kapita Selekta SI/TI Fakultas : SAINTEK SOAL 1.       Cer...